Senin, 16 Juli 2012

KEJENIUSAN TEKNOLOGI ERA SAINS ISLAM YANG MENJADI PONDASI BAGI TEKNOLOGI MODERN


KEJENIUSAN TEKNOLOGI ERA KHILAFAH YANG MENJADI PONDASI BAGI TEKNOLOGI MODERN

Teknologi adalah sebuah hasil perdaban manusia, ia bisa dimiliki siapa saja, baik oleh dunia timur maupun barat dan tidak memandang agama manapun. Perbedaan pada masing-masing peradaban adalah kemana teknologi itu diarahkan, motivasi penemuan teknologi itu sendiri, pemanfaatannya pada kehidupan manusia, dan sebesar apa kombinasi teknologi dan kehidupan sosial masyrakat sehingga menghasilkan peradaban gemilang melaui pemikiran dan akhlak mulia. Diantara literatur sejarah science dan teknologi selama 1 abad terakhir ini, telah tersembunyi atau memang sengaja disembunyikan sebuah sumber referensi tentang dari mana teknologi modern yang kita rasakan saat ini berasal.

Seolah buku sejarah mengatakan semuanya berawal dari peradaban yunani kuno atau yang lainnya, kemudian menghilang, lalu ada zaman kegelapan eropa dimana tidak ada science teknologi sama sekali, kemudian tiba-tiba science teknologi modern muncul di abad 17-18. Jika berfikir tentu aneh apabila kronologis sejarahnya seperti itu, ada waktu berabad-abad dimana manusia tidak melakukan aktifitas (Research and Development) apapun dalam bidang science & teknologi. Dan ternyata memang itu adalah cerita yang tidak lengkap, dari abad ke 6 sampai 15 masehi telah lahir dan berkembang pesat sebuah peradaban Science Teknologi dari Daratan Arab. Dari Bagdad, melewati afrika, hingga menyebrangi Eropa Selatan. Sebuah peradaban yang termotivasi dari seruan menyebar kebaikan bagi seluruh manusia, perintah memikirkan alam semesta, dan pencarian solusi teknis dalam pelasanaan hukum ketuhanan (Fiqih).

Sebuah masa yang dinamakan oleh Ilmuwan barat sebagai zaman keemasan islam (The Golden AGE).

Masa dimana sejarah menyaksikan pencapaian intelektual yang luar biasa maju dalam science teknologi dibandingkan masa sebelumnya.

Masa dimana science dan teknologi zaman itu menjadi dasar bagi perkembangan teknologi modern sekarang.

Masa dimana telah berkembang penemuan fisika, astronomi, kedokteran, Geografi, biologi, matematika, dll dimana Eropa sedang tenggelam dalam tahayul-tahayul, kehinaan, kemiskinan, keterbelakangan dan kekumuhan.

Berikut video tentang pendeskripsian pencapaian temuan dalam bidang teknologi zaman keemasan islam (Khilafah Islamiyah) yang banyak memiliki kesamaan atau menjadi pondasi bagi teknologi modern saat ini.

Syukurlah belakangan ini muncul proyek gerakan penggalian kembali hasil kegemilangan pencapaian teknologi Islam abad pertengahan yang diprakarsai justru bukan oleh orang islam, tapi malah oleh ilmuwan-ilmuwan Eropa dan Amerika sendiri. Mereka sudah beberapa kali mengadakan Pameran contoh-contoh temuan ilmuwan islam abad pertengahan ketika era kekhilafahan Islam tegak menaungi 2/3 kekuasaan wilayah dunia.

Pameran pertama kali diadakan di manchaster, akhir 2010 kemaren di New York. Nama Proyeknya 1001 Invention. ini websitenya: http://www.1001inventions.com









Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar